Sabtu, 08 Juni 2013

Refleksi minggu kelima


           Minggu ini kita kuliah online dan  belajar visual principles. Kita belajar tentang visual principles. Dengan materi ini kita mendapatkan oengetahuan baru, jika kita membuat media pembelajaran menggunakan power poin kita harus memperhatikan warna gambar dan tata letak penaruhan materi, gambar dan animasi. Jika kita ingin memasukkan animasi, kita harus memilih animasi yang sesuai dengan materi yang ada di media pembelajaran. Jika kita memasukkan tombol – tombol menggunakan hiperlink kita juga harus menaruh tombol disetiap slide yang sama, jika tombil next ada desebelah kanan, kita harus menaruh tombol next disebelah kanan semua. Supaya siswa tidak kebingungan. Untuk peletakan gambar kita juga harus memberhatikan posisi tata petak yang pas. Misalnya kita menulis surat, tata letak gambar perangko kita harus letakkan di kanan atas tidak boleh dikanan bawah. Supaya siswa tidak kebingungan. Jika kita memasukkan sebuah berita koran. Kita juga harus mencari gambar kertas dan warnanya seperti potongan koran sungguhan. Untuk bacground power point itu sendiri juga harus diperhatikan. Setiap slide harsnya memiliki bacground yang sama supaya tercipta visual aids yang menarik.
             Kita juga membuat sebuah media pembelajaran menggunakan power point tetapi harus merujuk dengan visual principles yang sudah kita pelajari. Untuk materi pembuatan media power point ini kelompok saya mengambil tema tentang procedure text. Di situ kami memasukkan gambar – gambar foto yang real tidak kopian dari situs internet. Kita mengambil foto tentang how to make a cup of coffee dan kita juga memasukkan sebuah video tentang how to make a cup of coffee yang kita take dari teman kita sendiri. Kita juga menggunakan animasi supaya powerpoint media pembelajaran tersebut lebih hidup. Kita juga menaruh bacground power point yang sesuai dengan materi kita. Supaya kelihatan rapi kita juga memberi tombol – tombol next, previous, home, and exit. Tak lupa kita memberikan suara supaya siswa faham apa yang ada di powerpoint tersebut. Untuk menguji pemahaman siswa tentang materi tersebut kita membuat 5 evaluasi yang sekaligus ada jawabannya.
             Setelah powerpoint itu jadi kita mencari teman kita untuk menilai hasil media pembelajaran kami dan nilainya dikirim ke email bapak wahyu pujiono untuk syarat kehadiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar